Social Icons

Pages

Wednesday, April 15, 2015

Tahu Pong Semarang yang Pedas Gurih

Mampir di Semarang tanpa mencicipi uniknya rasa masakan tahu pong, itu seperti makan nasi tanpa lauk, terasa hambar. Setahu banyak orang, makanan khas Semarang hanya lunpia dan wingko babat. Tahu pong sering luput dari perhatian pecinta wisata kuliner.  

Ada yang bilang tahu pong itu camilan, tapi ada yang bilang itu makanan utama. Terserah deh. Memang agak susah membedakan, mengingat besar menunya. Tahu Pong berwujud tahu goreng garing  dan gurih, yang dalamnya kosong (kopong) karena tahu mengembang saat digoreng dengan minyak panas yang berlimpah. Karena itu dinamai tahu pong. Tahu kopong, atau dalam bahasa Indonesia Tahu Kosong.

Makanan yang bahan utamanya tahu pong, telur rebus yang digoreng, dan gimbal udang ini merupakan sebuah resep kuliner hasil perpaduan. Perpaduan seperti apa? Perpaduan antara resep asli Tiongkok yang dibawa oleh pedagang Tiongkok yang kemudian menetap di Semarang dengan resep lokal semarang yang sudah lama.

Penyajiannya cukup sederhana namun membawa kesan tersendiri. Tahu pong langsung digoreng saat akan disajikan. Tahunya benar-benar harus masih “fresh” dari penggorengan saat disajikan.

Cara menyantapnya juga unik. Tahu yang disajikan bersama telor rebus yang digoreng dan gimbal udang ini disobek dulu. Setelah itu dicelup atau dicocol ke dalam kuah kecap pedas yang menggugah selera. Tunggu agar kuah meresap ke tahu, baru disantap... wwuiiih rasanya... maakkk nyyuuuuussss.

Kuah kecapnya pun bukan kecap biasa, tapi campuran dari beberapa bahan , termasuk petis udang dan bawang putih tumbuk. Pedas, asin, gurih, dan sedap bercampur jadi satu. Belum lagi agar lobak putih yang diserut yang biasanya disajikan berdampingan dengan kuahnya. Menambah rasa asam segar.

Kadang bersama dengan tahu pong, disajikan juga tahu telur sebagai tambahan menu. Seperti apa tahu telur itu? Tahu telur itu tahu yang dihaluskan kemudian dikocok bersama dengan telur dan juga daun bawang.

Di beberapa warung tahu pong, di Semarang, satu paket menu ini dihargai mulai 6000 rupiah sampai dengan 12000 rupiah. Tidak terlalu mahal. Pas untuk kantong kita. Apalagi kalau dibandingkan dengan rasanya yang membuat lidah menari. Sungguh sepadan.

Silakan coba... :D

8 comments:

Mohon kripik dan saran :

 

Produk Baru

Produk Sponsor

Produk Baru

Produk Baru
 
Blogger Templates