Social Icons

Pages

Wednesday, June 24, 2015

Candi Gedong Songo, Mutiara Tersembunyi di Lereng Gunung Ungaran


Nama Candi Gedong Songo, sebuah situs peninggalan budaya Hindu di Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang ini,  kurang begitu terkenal. Kalah dengan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang Jawa Tengah dan Candi Prambanan di DI Yogyakarta. Padahal keindahan dan keunikannya tidak kalah. 

Candi yang terletak pada ketinggian 1200 meter diatas permukaan air laut ini berhawa dingin segar. Rata-rata 19 derajad celcius , cocok untuk menyegarkan paru paru dan pikiran dari hingar bingar kota.  Dibangun pada tahun 927 Masehi  oleh Wangsa Syailendra dan ditemukan oleh Loten pada tahun 1740. Dan oleh Gubernur Jenderal Belanda di Indonesia , Raffles, pada tahun 1804 tempat ini dinamakan Gedong Pitue (Indonesia : Gedung Tujuh) karena waktu itu hanya ditemukan 7 bangunan candi disana.

Pada situs ini terdapat sembilan (jawa : songo) bangunan batu (jawa : gedong)  berupa candi. Karena itulah kelompok candi in dinamakan Candi Gedong Songo.  Letaknya tersebar di sebuah area yang cukup luas di lereng Gunung Ungaran. Sekarang ini , disekitarnya terdapat beberapa obyek pariwisata yang layak untuk dikunjungi seperti pemandian air panas belerang alam, area berkemah, dan area berkuda di dalam daerah hutan cemara yang sering berkabut. Ada nuansa romantis disana. Hehehee.

Situs candi yang hampir mirip dengan komplek Candi Dieng ini bisa dicapai sekitar 1 jam 30 menit dari Semarang dengan mennggunakan mobil pribadi. Jalannya lumayan menanjak setelah mencapai lereng Gunung Ungaran. Cari saja jalan yang menuju obyek wisata Bandungan. Dari obyek wisata Bandungan ini, Candi Gedong Songo sudah sangat dekat lho. Hanya butuh 10 menit untuk sampai kesana. Sepanjang jalan kesana banyak pemandangan indah yang menghijau.  Bagi yang memiliki fasilitas GPS, bisa mengakses obyek wisata ini pada GPS Waypoint: 7°12’39.72”S (Latitude) 110°20?32.88” E (Longitude) Google Map Refference (-7.211033,110.342467)

Candi Gedong Songo pertama bisa diakses dengan berjalan kaki 200 meter melalui jalan setapak yang naik. Udara yang sejuk segar membuat kita tidak merasakan rasa capek karena jalan menanjak itu.  Diantara candi ke tiga dan ke empat ada sumber air panas dengan kandunga belerang yang cukup banyak. Ada asap putih tipis yang keluar dari sumber belarang alami itu. Bau belerang yang khas cukup kuat disini. Kalau ada waktu, kita bisa sekedar mandi atau cuci muka dengan airnya yang hangat. Air disini bisa untuk menghilangkan penyakit kulit dan membuat muka kelihatan awet muda lho. Tidak percaya? Coba saja sendiri kesana.  

Kalau ke Gedong Songo jangan lupa merasakan juga wisata berkuda di wilayah yang dikelilingi hutan cemara yang berkabut tipis. Rugi besar kalau tidak merasakan wisata ini lho. 

Mengingat usia situs in yang cukup tua, ada beberapa patung di komplek Candi Gedong Songo sudah kurang bagus kondisinya, namun masih bisa dilihat sisanya. Patung yang bisa kita lihat disana seperti patung Durga (Istri Siwa), Ghanesa (Anak Siwa), Agastya (Seorang Resi) Serta dua pengawal dewa Siwa yaitu Nandiswara dan Mahakala yang bertugas menjaga pintu candi.

Sejak jaman Pemerintahan Belanda sampai sekarang ini sudah banyak usaha yang dilakukan untuk melestarikan Candi Gedong Songo. Salah satu usaha itu adalah pemugaran candi Gedong Songo 1 pada tahun 1928-1929. Kemudian dilanjutkan dengan pemugaran pada candi Gedong Songo 2 pada tahun 1930-1932. Hal ini dilanjutkan dengan pemugaran komplek candi Gedong Songo 3 , 4 dan 5 oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 1977-1983. Terakhir telah di lakukan pemetaan ulang semua komplek candi Gedong Songo pada tahun 2009 oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Indonesia.



Sumber gambar : ceritamu dot com 

3 comments:

  1. Candi Gedong Songo salah satu wisata yang ada di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Ternyata candi ini terletak pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Terima kasih untuk Infonya mengenai Candi Gedong Songo.

    ReplyDelete
  2. itu dari sumber buku apa?

    ReplyDelete

Mohon kripik dan saran :

 

Produk Baru

Produk Sponsor

Produk Baru

Produk Baru
 
Blogger Templates