Social Icons

Pages

Wednesday, June 22, 2016

Nasi Megono, Kuliner Khas Kota Batik


Bila Anda melakukan perjalanan dari berbagai kawasan di Jawa atau Indonesia timur kemudian melewati daerah Jawa Tengah bagian barat, Anda akan bertemu dengan Kabupaten Pekalongan yang menjadi salah satu daerah sentra batik. Selain penghasil kain batik yang ternama ini, Pekalongan juga terkenal dengan kuliner khasnya yaitu nasi megono.

Pernahkah Anda mencoba menikmati nasi megono ?
Nasi megono ini memang cukup unik, selain disajikan dalam sebungkus daun pisang dan olahan makanan yang unik, nasi megono pun memiliki cita rasa yang lain daripada nasi biasanya. Bukan hanya di Pekalongan saja, sebenarnya banyak daerah seperti Batang dan Pemalang yang juga menyediakan nasi megono.

Hanya saja sebagai sentranya, Pekalongan lebih dikenal sebagai pemilik kuliner khas ini. nasi megono disajikan dalam satu wadah daun pisang dan diatasnya diberi kuah nangka. Selain gurih, nasi ini juga diberi taburan parutan kelapa yang menambah cita rasa nasi megono.

Anda bisa menikmati enaknya nasi megono bersama tempe goreng atau mendoan. Banyak kedai-kedai yang menjual nasi megono ini dengan berbagai lauk sehingga semakin banyak pilihan Anda dan membuat para pengunjung semakin berselera.

Jadi pesan kami buat kalian yang ingin belanja batik di Pekalonga, sempatkanlah waktu untuk datang dan mengunjungi warung yang menjual nasi megono. Jadi lengkap sudah perjalanan Anda yang tidak hanya berburu batik saja, namun juga bisa menikmati gurihnya nasi megono yang populer ini.

Sekalipun terkenal sebagai makanan tradisional, banyak orang yang merasa bahwa nasi megono ini memang enak dan banyak diadopsi oleh beberapa kota. Di Semarang pun ada beberapa kedai yang turut melayani pembeli yang menginginkan nasi megono, kuliner khas Kota Pekalongan.


Yang membuat nasi megono enak atau tidak adalah pada kombinasi bumbu sayur nangkanya ini, karena jika sayur nangkanya enak, sudah dipastikan nasi megononya pun enak. Satu porsi nasi megono ini hanya dijual sekitar Rp 10.000 saja. Sambil menikmati gurihnya nasi megono, Anda bisa minum teh poci asli dari kebun teh Pekalongan yang akan melegakan dahaga Anda.

No comments:

Post a Comment

Mohon kripik dan saran :

 

Produk Baru

Produk Sponsor

Produk Baru

Produk Baru
 
Blogger Templates