Social Icons

Pages

Thursday, April 13, 2017

Laper ? Yuk Nikmati Nasi Gandul Khas Pati



Jawa Tengah memiliki jalur pantura yang selalu ramai oleh kendaraan yang melakukan perjalanan ke berbagai daerah. Jika Anda ingin ke Jawa Timur atau kedaerah Bali dan melewati kawasan pantura, cobalah untuk berhenti sejenak dan beristirahat di Kota Pati.

Salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah ini. Pasalnya di Pati ini terdapat menu makanan khas yang begitu enak dan bisa membuat rasa lapar Anda jadi kenyang. Menu yang enak ini biasa disebut sebagai nasi gandul.
Mengapa disebut nasi gandul ?

Mungkin kita berpikir bila nasi gandul ini dibuat atau diolah dengan cara menggantung, karena gandul dalam bahasa Indonesia berarti menggantung. Namun ketika Anda melihat proses memasak hingga menyajikan, tak ada hal yang membuat kita merasa aneh, karena semua makanan diolah seperti biasanya.

Karena kata nasi gandul ini merujuk pada kegiatan orang zaman dahulu yang sering menjual nasi berkuah ini dengan cara dipikul atau diletakkan diatas kepala. Sehingga kebanyakan orang menyebutnya sebagai nasi gandul yang berarti menggantung.
Sedangkan untuk proses hingga penyajiannya sama sekali tidak di gantung seperti nama populernya.

Seperti apakah nasi gandul itu ?
Nasi gandul adalah makanan berkuah mirip dengan rawon, hanya saja nasi gandul lebih manis, kuahnya memiliki kombinasi bumbu yang berbeda dan disajikan dengan aneka macam daging, jeroan dan kuahnya diguyur diatas nasi.
Saat pertama kali Anda mencoba untuk menikmati nasi gandul ini, dijamin pasti Anda akan ketagihan. Apalagi kuahnya yang masih hangat ini disajikan langsung dan diberi sedikit kecap atau sambal yang suka pedas, kemudian dinikmati bersama tempe keripik yang renyah akan membuat makan siang atau makan malam Anda semakin berselera.

Isi nasi gandul
Dalam nasi gandul, Anda bisa memilih daging yang akan dimakan, misalnya Anda bisa memilih daging sapi, jeroan sapi, otak sapi, paru-paru, telur dan beberapa menu jeroan lainnya. Kemudian penjual akan meletakkn daging pilihan Anda ke atas nasi putih yang masih hangat lalu diguyur dengan kuah kental berwarna coklat serta sedikit tambahan kecap.


Bisa kebayangkan betapa gurihnya nasi gandul ini ? Jadi jangan lewatkan momen berharga ketika Anda melewati Kabupaten Pati dan mampir sejenak untuk menikmati gurihnya nasi gandul.

4 comments:

  1. makanan jawa tengah mah emang manis manis ... hahahaha

    ReplyDelete
  2. saya dulu mikirnya ini nasi terus dikasih sayur dari pepaya gara-gara kalau di daerah asli saya di purworejo, pepaya itu nyebutnya "gandul" hehe. ternyata isinya malah daging & kuah

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul ,tidak ada pepaya, adanya cuman kuah gurih dan daging saja

      Delete

Mohon kripik dan saran :

 

Produk Baru

Produk Sponsor

Produk Baru

Produk Baru
 
Blogger Templates